Myeong-dong & Dongdaemun, Pusat Belanja Kosmetik di Korea

Seoul – Korea Selatan memang terkenal dengan produk kecantikannya. Nah, Myeong-dong dan Dongdaemun pun menjadi tempat tepat untuk berburu aneka jenis kosmetik.

Bagi yang hanya punya sedikit waktu untuk bertandang ke Korea Selatan, Anda masih sempat jalan-jalan dan berbelanja di pasar ala Korea. Dua pasar yang sempat dikunjungi detikTravel dalam kesempatan ke Korea baru-baru ini adalah Myeong-dong dan Dongdaemun di Seoul.

Myeong-dong sebenarnya berupa nama kawasan dengan gang-gang berukuran kecil-sedang di dalamnya. Namun di kanan-kirinya berdiri berbagai toko.

Anda bisa mendapatkan hampir apapun di sini. Mulai dari makanan, pakaian, sepatu, dan salah satu ‘komoditas’ unggulan Korea yaitu kosmetik. Menariknya, produk-produk kosmetik dari pabrikan hingga yang di-endorse langsung oleh artis-artis Korea tumplek-blek di sini. Jadi harganya pun sangat bervariasi, dari puluhan ribu won hingga ratusan Won saja.

Apakah yang murahan selalu jelek? Belum tentu. Sepintas produk yang mahal dan yang terjangkau pun tidak terlihat jauh berbeda di sini. Oleh-oleh ala Korea seperti gantungan kunci, hiasan magnet untuk lemari es, atau suvenir sumpit dan sendok logam yang tidak terlihat ‘murahan’ pun bertebaran.

Namun daya tarik Myeong-dong sebenarnya baru dimulai di malam hari. Mulai sore hari, pedagang makanan kaki lima bersiap menggelar dagangannya tepat di depan toko-toko tersebut. Anda tinggal memilih jajanan kaki lima ala Korea seperti tteokbokki atau kue beras yang pedas, odeng, cumi goreng ataupun bakar, hingga buah-buahan yang rata-rata hanya dijual 1.000 Won.

Bagi penggemar K-pop, Myeongdong juga menjadi salah satu alternatif tempat untuk mencari album, lightstick, poster, kalender dan pernak-pernik lain terkait idola mereka, dengan harga yang sangat miring, yaitu berkisar 1.000 Won hingga puluhan ribu Won. Bahkan bila Anda memborong, satu buah poster atau bonus lain akan ikut masuk ke kantong belanja Anda.

Lantas bagaimana cara mencapai Myeong-dong? Sebagai salah satu atraksi wisata, Myeong-dong dapat dijangkau dengan berbagai moda transportasi, baik taksi, bis, atau alat transportasi publik yang patut dicoba di negara maju seperti Korea, yaitu MRT.

Cukup datang ke stasiun bawah tanah. Kemudian cek rute MRT dengan tujuan Myeong-dong. Kebetulan di depan hotel yang ditempati detikTravel di Dongho-ro, Jung-gu terdapat stasiun MRT yaitu stasiun Dongguk University. Dari situ kami tinggal membeli tiket sekali jalan (single ticket) seharga 1.850 Won dengan tujuan stasiun Hoehyeon dan turun di Stasiun Chungmuro.

Tak harus bisa berbahasa Korea untuk membeli tiket, sebab mesin penjual tiket MRT di Korea telah dilengkapi dengan keterangan dalam 4 bahasa, yaitu Korea, Inggris, China dan Jepang. Toh hampir seluruh penunjuk jalan maupun keterangan di tempat publik seperti di stasiun tidak hanya ditulis dengan Hangul atau abjad Korea tetapi juga huruf Romawi di bawahnya.

Begitu sampai di stasiun Chungmuro, transit ke kereta tujuan Myeongdong. Setelah itu berjalan keluar dari exit 7-8. Perhatikan setiap keterangan, baik platform, track atau jalur yang harus dilalui hingga pintu keluar menuju destinasi. Keliru ambil jalur, Anda bisa tersasar jauh. Anda dapat memastikan sudah sampai di Myeongdong dengan melihat situasi atau nama jalan di kanan-kiri Anda.

Toko-toko yang menjual suvenir K-pop berada di seberang pintu keluar MRT di Myeong-dong, tetapi di seputaran stasiun bawah. Jadi setelah keluar dari MRT, Anda tinggal berjalan menyusuri toko-toko kecil yang berjejer di dalam stasiun sembari menuju ke arah Seoul Central Post Office yang ditandai dengan pemberhentian taksi dan bis di seberang toko Uniqlo.

Selain di Myeongdong, kosmetik dengan harga terjangkau juga bisa didapat dari Dongdaemun Market yang konon merupakan salah satu pasar tertua di Korea. Cat kuku, pelembab, berbagai jenis lotion, masker, pewarna rambut, dll diobral di sini. Jika Anda memborong, si penjual akan dengan senang hati memberi bonus berupa alat kosmetik lho.

Untuk menuju Dongdaemun dari Dongho-ro, Jung-gu, tiket bisa langsung dibeli untuk tujuan Dongdaemun. Masuk ke line 3 tujuan Chungmuro lalu pindah ke line 4 tujuan Dongdaemun History and Culture Park. Jalan kaki sebentar ke bagian belakang pertokoan di kanan Anda, dan di situlah Dongdaemun Market berada.

Bagi turis dengan waktu kunjung singkat, mengunjungi salah satu dari keduanya sudah cukup memuaskan hasrat berbelanja Anda, termasuk jika Anda ingin membeli buah tangan untuk orang-orang terkasih. Semua ada di sini.

Happy Shopping ^^

 

sumber : https://travel.detik.com/international-destination/d-3177744/myeong-dong–dongdaemun-pusatnya-belanja-kosmetik-di-korea

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s